SYARAT DAN KETENTUAN PERMOHONAN ISBN (INTERNASIONAL STANDAR BOOK NUMBERKDT (KATALOG DALAM TERBITAN)

 

Peraturan Menteri Kesehatan RI No.38 Tahun 2015 Tentang Penerbitan dan Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam di Lingkungan Kementerian Kesehatan Pasal 4 ayat 2 menyatakan setiap karya cetak dan karya rekam di lingkungan Kementerian Kesehatan harus mencantumkan ISBN dan KDT.

ISBN adalah deretan angka 13 digit sebagai pemberi indentifikasi unik secara internasional terhadap satu buku yang terbitkan

KDT adalah sebuah deskripsi bibliografis yang dihasilkan dari pengolahan data yang diberikan, untuk dicantumkan pada halaman penyusun buku (halaman verso/copyright) sebagai kelengkapan penerbitan.

Perpustakaan Kementerian Kesehatan mengimbau setiap satuan kerja di Kementerian Kesehatan RI untuk berperan dalam penggunaan ISBN dan KDT.

SYARAT

Untuk memperoleh nomor ISBN dan KDT, pemohon dapat mengirimkan surat permohonan dari kepala satuan kerja berstempel dengan melampirkan:

  1. Halaman judul
  2. Halaman tim penyusun buku
  3. Kata Pengantar
  4. Daftar Isi
  5. Softcopy buku untuk diapload ke Web Perpustakaan/KINK (Katalog Induk Nasional Kesehatan)
  6. Resume singkat isi buku (maksimal 1000 karakter)
  7. Nama dan nomor telepon narahubung

 

KETENTUAN

  1. Menyerahkan 5 eksemplar hasil terbitan setelah dicetak. Ini digunakan sebagai koleksi perpustakaan Kementerian Kesehatan (2 eksemplar), deposit (1 eksempler) dan serah simpan ke Perpustakaan Nasional (2 eksemplar)
  2. Proses pembuatan ISBN dan KDT adalah 7 hari kerja.
  3. Persyaratan dapat diantar ke Ruang 105 (Perpustakaan), Kementerian Kesehatan, Jl. HR Rasuna Said, Blok X5, Kav 4 – 9 atau email kemenkes@gmail.com
  4. Pemohon yang tidak memenuhi persyaratan di atas tidak akan diproses
  5. Narahubung permohonan ISBN dan KDT adalah Sdri. Aresha (0821 2272 2297)