Skip to content Skip to footer
No Image Available

Formularium Fitofarmaka

 Penulis: Dr. Lucia Rizka Andalucia, Apt., M.Pharm., M.A.R.S.  Kategori: Pengajuan ISBN  Penerbit: Kementerian Kesehatan RI  ISBN: -  Halaman: 71  Negara: Indonesia  Bahasa: Indonesia  Ukuran: 15,5 x 24 cm  Ukuran File: 300 gram  Unduh
 Deskripsi:

Indonesia memiliki sumber daya alam hayati yang besar dan sebagian telah dimanfaatkan sebagai ramuan obat oleh masyarakat secara turun-temurun. Seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kefarmasian, terus dilakukan penelitian dan inovasi untuk memanfaatkan kekayaan alam hayati sebagai bahan baku obat tradisional, termasuk fitofarmaka. Pengembangan bahan baku obat tradisional sangat strategis dalam mendorong kemandirian sediaan farmasi di Indonesia.

Fitofarmaka merupakan hasil pengembangan dari pemanfaatan bahan alam Indonesia, telah melalui standardisasi produk dan dibuktikan keamanan serta khasiatnya secara ilmiah melalui uji praklinik dan uji klinik demi upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Meskipun fitofarmaka sudah memiliki evidence-
based, pemanfaatannya belum optimal. Oleh karena itu, disusun Formularium Fitofarmaka. Formularium Fitofarmaka berisi Pedoman Penyusunan dan Penerapan Formularium Fitofarmaka, Daftar Fitofarmaka, dan Informasi Produk Fitofarmaka.

Produk fitofarmaka yang tercantum dalam Formularium Fitofarmaka telah diseleksi oleh Komite Nasional Penyusunan Formularium Fitofarmaka berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan. Buku ini digunakan sebagai acuan untuk perencanaan dan pengadaan fitofarmaka supaya tersedia di fasilitas pelayanan kesehatan serta sebagai acuan penggunaan fitofarmaka.

 Back